23 October 2021

Cegah Kebakaran Hutan, Babinsa Koramil 19/Siais Lakukan Patroli Bersama Petugas Dinas Kehutanan Tapsel

Tapanuli Selatan – Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 19/Siais Kodim 0212/Tapsel Sertu Hadi Wianto bersama petugas dari Dinas Kehutan Kab. Tapanuli Selatan dan beberapa warga masyarakat melaksanakan patroli bersama di sekitar wilayah hutan dan lahan Desa Tandihat Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (16/11/2019).

Sertu Hadi Wianto bersama para petugas Dinas Kehutanan juga melaksanakan kegiatan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat baik yang sedang ke kebun atau yang sedang beraktifitas di kebun tentang larangan membakar hutan dan lahan.

Dalam keteranganya Sertu Hadi Wianto selaku Babinsa menyampaikan, bahwa daerah kawasan hutan dan perkebunan di Kecamatan Angkola Selatan merupakan wilayah yang rentan terhadap terjadi kebakaran hutan dan lahan, apalagi jika pada musim kemarau, dapat dengan mudah terjadi kebakaran hutan baik di sengaja atau tidak, hutan dan lahan sangat mudah terbakar, karena tanaman yang tumbuh di sekitar hutan sudah kering dan rentan terbakar.

“Patroli seperti ini di lakukan secara menyeluruh baik di lokasi yang rawan kebakaran, maupun di sekitar pemukiman masyarakat, bila di temukan indikasi dengan sengaja membakar lahan, maka akan kita tangkap dan kita serahkan kepada pihak yang berwajib,” tegas Sertu Hadi

“Kami juga melakukan pemantauan titik panas (hotspot) melalui aplikasi pemantau titik panas,” tambahnya

menurutnya Jika terdeteksi adanya titik panas kebakaran, pihaknya langsung bergerak melakukan pemadaman serta memberikan laporan kepada satuan atau instansi yang lebih tinggi