17 October 2021

Dampingi Petani, Babinsa Koramil 09/Sosa Bantu Merawat Padi

Sosa – Kegiatan pendampingan dalam rangka upaya khusus mendukung program swasembada pangan, Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/Tapsel, Serma Asril Basar melaksanakan kegiatan upaya khusus pendampingan perawatan Padi Varietas Mekongga dengan luas lahan 0,5 Ha di Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Selasa (18/09/2020)

kegiatan perawatan Padi dengan melakukan pencabutan rumput atau gulma yang mengganggu pertumbuhan tanam padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen

Di sela-sela kegiatan, saat melakukan pendampingan, Serma Asril Basar menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi. Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (padi) terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan.

Masih tutur Babinsa, pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik manual maupun semi mekanik. Bisa juga dengan penyemprotan menggunakan herbisida tertentu yang sudah direkomendasikan PPL atau BPP Dinas Pertanian.

“Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen. Di sini pentingnya perawatan dan pemantauan tanaman padi untuk mengetahui lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang sakit sehingga bisa dengan segera diatasi,” ungkap Babinsa.

Seperti kita ketahui bersama, keberadaan rumput atau gulma merupakan salah satu kendala bagi para petani dalam memperoleh hasil panen yang optimal. Persaingan gulma dengan tanaman utama (padi) dalam proses pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Keberadaan gulma atau rumput liar itu sendiri menjadi pesaing tanaman utama (padi) dalam penyerapan unsur hara, air dan cahaya serta menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang tentunya akan berdampak pada hasil panen yang dicapai.

“kegiatan pendampingan oleh Babinsa merupakan salah satu bentuk keseriusan TNI dalam mendukung program pemerintah daerah, mendorong petani yang terus berinovatif serta memotivasi warga masyarakat serta menarik minat masyarakat petani untuk melihat peluang yang cukup menjanjikan disektor pertanian, manakala di kelola dengan baik” tambahnya

Hal ini salah satu alasan TNI dalam hal ini Babinsa untuk selalu hadir dalam mendukung Program Pertanian, selain tujuan utama dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, guna membantu mewujudkan program Pemerintah dalam ketahanan pangan serta swasembada pangan