23 October 2021

Babinsa Koramil 17/Natal Pantau Titik Panas di Wilayah Binaan

Natal – Babinsa Koramil 17/Natal Kodim 0212/Tapsel melakukan pemantauan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara langsung bersama sejumlah security PT. DIS melalui menara pantau di Desa Buburan Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (04/07/2020)

kegiatan Babinsa Koramil 17/Natal tersebut untuk mengantisipasi dan sekaligus memonitor wilayah terkait adanya Karhutla

“hal ini dilakukan mengingat Kondisi daerah khususnya di Kecamatan Natal Cuaca panas dan ini sangat berpeluang terhadap munculnya masalah Karhutla,”ungkap Babinsa Sertu Irwansyah saat memantu suatu daerah melalui menara

Tidak hanya itu, Babinsa yang melakukan dan memantau secara langsung adanya Karhutla melalui menara pemantau api yang ada di wilayah rawan terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan juga menyampaikan bahwa hal tersebut dilaksanakan baik saat ditemukan titik api maupun sebaliknya.

“Bila dalam setiap kegiatan ditemukan titik api, segera diambil langkah-langkah dini sebagai bentuk penanggulangan dini yakni melakukan aksi pemadaman dengan melibatkan unsur terdekat di lokasi titik panas,”paparnya lagi.

Lebih lanjut Sertu Irwansyah menerangkan bahwasanya dalam pelaksanaan pemantauan titik panas harus betul-betul diyakinkan tidak ada kebakaran di wilayah tersebut.

“Makanya saya manfaatkan adanya menara pemantau titik api untuk melihat secara langsung dari ketinggian dan bila dalam patroli tidak ditemukan titik panas, maka langkah yang dilaksanakan yakni melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat Intinya, untuk mencegah karhutla harus dilakukan bersama-sama,”imbuhnya lagi.

kegiatan kali ini, Babinsa Koramil 17/Natal menggandeng para security untuk terus aktif dalam memantau adanya titik panas dan karhutla