17 October 2021

Babinsa Koramil 18/Pargarutan Laksanakan Komsos Ajak Warga Waspadai Banjir dan Longsor

Pargarutan – Meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan tanah longsor di wilayah binaan, Babinsa Koramil 18/Pargarutan Kodim 0212/Tapsel, Kopda DS. Harahap melaksanakan komuniksasi sosial (komsos) dengan para warga sekaligus menyampaikan himbauan terkait waspada banjir dan tanah longsor di Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, Jum’at (15/01/2021).

Dikatakan Babinsa Kopda DS. Harahap, kegiatan komsos yang dilaksanakannya bertujuan untuk, mensosialisasikan serta mengajak warga masyarakat lainnnya untuk mengantisipasi situasi yang dihadapi saat ini, yaitu cuaca hujan yang cukup tinggi dan dapat berakibat banjir dan tanah longsor.

“Kita harus meningkatkan kewaspadaan karena cuaca saat ini sering hujan, dan menghimbau warga yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati atau mengungsi di tempat yang lebih aman, agar dapat menghindari timbulnya korban jiwa akibat banjir maupun longsor,” ujarnya.

Babinsa juga menghimbau kepada warga desa bila terjadi bencana banjir, maka segera laporkan kepada perangkat desa dan mengambil langkah-langkah tindakan yang dapat dilakukan antara lain, memberikan tanda-tanda terjadi bencana alam seperti suara sirene di Masjid, Gereja atau memukul tiang listrik, dan menyiapkan wilayah atau lokasi pengungsian yang aman, bagi penduduk.

Selain itu, dikatakan Babinsa, untuk menghindari terjadinya bencana banjir, Sertu rajikan juga mengajak masyarakat Desa temuroso untuk melaksanakan kegiatan kerja bhakti pembersihan saluran sungai, pohon-pohon besar yang berdekatan dengan jarigan listrik agar dibersihkan.

“Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan apabila bencana itu benar-benar terjadi,” imbuhnya Babinsa berharap, dengan adanya kewaspadaan warga dapat meminimalisir kerugian jika benar-benar terjadi bencana banjir dan tanah longsor di wilayah desa binaannya tersebut