28 November 2021

Babinsa Koramil 07/Sosopan Jadi Pembina Upacara SD Negeri 0306 Sosopan

Sosopan – Tidak seperti biasanya, Upacara bendera di halaman sekolah SD Negeri 0306 Sosopan, Desa Sosopan Kecamatan Sosopan, berbeda dengan biasanya. Kali ini bertindak selaku pembina upacaranya adalah Babinsa Koramil 07/Sosopan, Serda Ridwan, Senin (10/02/2020)

Upacara bendera diikuti kepala sekolah, para guru pengajar, serta siswa-siswi sekolah tersebut. Babinsa Serda Ridwan hadir dan bertindak sebagai Pembina Upacara.

Dalam arahannya Babinsa mengingatkan kepada para peserta upacara akan arti dan makna penyelenggaraan upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin. Yakni sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap Lambang Negara Indonesia, Bendera Merah Putih dan penghormatan kepada para pahlawan atas jasa dan pengorbanan jiwa raganya, sehingga Indonesia merdeka.

“Upacara bendera sesuatu yang sakral sehingga pelaksanaannya harus hidmat, tidak boleh sambil sendau gurau, saling usil, senyum-senyum dan melakukan gerakan atau tindakan lain yang tidak perlu,” tutur Babinsa

Kini di era kemerdekaan, lanjut Babinsa, para pelajar harus mempunyai motivasi yang tinggi mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif yang dilandasi nilai-nilai luhur semangat nasionalisme dan patriotisme, jiwa bela negara dan cinta Tanah Air Indonesia.

“sebagai generasi penerus nantinya kami berharap kepada anak-anak sekalian untuk menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa, maka menyiapkan masa depan harus dimulai dari sekarang dengan sungguh-sungguh, serta motivasi yang kuat untuk meraih sukses mewujudkan cita-cita kita,” imbuh Babinsa

Usai upacara, Babinsa menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada dia menjadi pembina upacara, sehingga dapat menyampaikan pesan kepada peserta upacara untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi khususnya tentang pentingnya wawasan kebangsaan, dan kecintaan kepada NKRI.

Sementara Kepala SD Negeri 0306 Sosopan beserta para guru menyambut positif dan antusias kehadiran Babinsa. Dia berharap siswa bisa melaksanakan pesan moral yang telah disampaikan olehnya.

“Kami berharap apa yang dilakukan hari ini akan terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain untuk meningkatkan kualitas siswa-siswi SD Negeri 0306 Sosopan dalam disiplin, dalam gerakan PBB juga dalam berwawasan kebangsaan,” imbuh Kepala Sekolah